Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pariaman Gelar Deklarasi Pemilu Damai dan Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilu 2024

Bawaslu Pariaman Gelar Deklarasi Pemilu Damai dan Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman melaksanakan Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Punggung Ladiang Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman pada kamis pagi 05/09/23 dan diresmikan langsung oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Muhammad Khadafi, S.Kom dan bertempat di Mesjid Raya Punggung Ladiang.

Menurut Muhammad Khadafi, Kampung Pengawasan Partisipatif merupakan agenda nasional  yang bertujuan sebagai wadah bagi semua pihak untuk dapat mendiskusikan hal berkaitan dengan pemilu, pengawasan dan partisipasi masyarakat. Selain itu menurutnya setiap tahapan pemilu sering berpotensi terjadinya pelanggaran dan kecurangan pemilu dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik penyelenggara, pemilih, atau stakeholder yang lainnya. Dengan adanya ruang dialog ini, masyarakat saling mendekati dan berharap hal negatif tersebut dapat hilang di Kota Pariaman. selain itu berharap pemilu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan ada.

Selain itu Khadafi juga mengapresiasi penyelenggaraan Deklarasi Pemilu Damai dan Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif dilakukan di halaman mesjid merupakan hal yang sangat baik, karena tidak ada simbol yang lebih baik dari tempat ibadah mesjid. Segala keberkahan dari halaman mesjid dapat terpancar di ruang pemilu pada semua yang terlibat dalam kepemiluan.

Sementara itu ketua bawaslu pariaman riswan menyatakan bahwa Kampung Pengawasan Partisipatif ini bertujuan sebagai media komunikasi antara pengawas pemilu dan kelompok masyarakat, dan sebagai media sosialisasi pengawasan pemilu kepada kelompok masyarakat.

"Selain itu juga untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi yang baik tentang pemilu dan pengawasan pemilu, dan untuk menciptakan atmosfir pengawasan pemilu yang berdunsanak di tengah2 masyarakat sehingga menjadi pemilu yang adil, bersih, beradab dan berintegritas," ungkapnya, Pariaman,05/10/23.