Lompat ke isi utama

Berita

Lakukan Evaluasi, Bawaslu Pariaman Gelar Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan

Fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan

Pariaman- Bawaslu Pariaman laksanakan Rapat Fasilitasi Pambinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Kota Pariaman yang diadakan di Hotel Nantongga Pariaman, Kamis-Jumat (28-29/03/24).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu, Koordinator Sekretariat dan jajaran sekretariat Bawaslu Pariaman dengan terundang Ketua dan anggota Panwascam, serta Koordinator Sekretariat Panwascam se-Kota Pariaman.

Rapat dibuka oleh Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan dan dalam sambutannya menyatakan bahwa proses tahapan pemilu belum selesai. "Walaupun tahapan awal sampai dengan penetapan perolehan suara telah dilaksanakan, namun untuk tahapan proses permohonan sengketa hasil pemilu belum sampai akhir. Bawaslu diminta untuk melaksanakan fungsi dan kewenangan yang dimiliki sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang".

Hari pertama dihadiri oleh narasumber dari Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman, Fery Ferdian Bagindo Putra yang menjelaskan bahwa Pemerintah memiliki peran dalam pelaksanaan pilkada agar dapat terlaksana dengan baik. "Dalam mendukung pilkada pemerintah siap berkoordinasi terkait dengan persiapan dana (NPHD), fasilitas, sarana dan prasarana sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar".

Narasumber lain Dosen Fisip Unand Padang, Sadri, S.IP, M. Soc, Sc yang menjelaskan tentang Evaluasi Pelaksanaan Pileg yang secara umum berjalan dengan lancar, namun dalam fenomena politik uang masih dijumpai saat sebelum hari pencoblosan, namun karena tidak terdapat laporan dianggap tidak ada kasus. Untuk kedepannya diharapkan agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan transparan, jujur dan lancar.

Humas Bawaslu Kota Pariaman