Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu menjadi Narasumber pada Latihan Operasi Mantap Polres Pariaman

Ketua Bawaslu menjadi Narasumber pada Latihan Operasi Mantap Polres Pariaman

Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Kota Pariaman menjadi Narasumber pada Latihan Operasi Mantap Braja Singgalang 2023-2024 di Aula Polres Pariaman, Selasa (10/10/23).

Latihan Operasi Mantap Braja Singgalang 2023-2024 dengan tema meningkatkan profesionalisme satgas polri yang presisi dan siap mengamankan penyelenggaraan pemilihan Umum tahun 2024 di wilayah hukum Polres Pariaman dan dibuka dibuka langsung oleh Wakapolres Pariaman, Jon Hendri.

Dalam materinya, Riswan memaparkan bahwa dalam tugasnya, Pemilu Tahun 2024 berpotensi terjadi pelanggaran yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu yang berintegritas. Bawaslu memiliki tugas pengawasan, pencegahan dan penindakan. “Oleh karena itu kita berharap agar jajaran Polres sampai ke Babinkamtibmas ikut mengawasi jalannya proses pemilu agar dapat berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan”.

Riswan juga menambahkan untuk selalu menjaga netralitas Polri yang sesuai dengan aturan UU NO. 02 Tahun 2022 tentang Polri, dan Perkap No. 14 Tahun 2011 tentang kode etik Polri, yang tidak terlibat dalam mengurus partai politik atau kegiatan politik praktis.

Selain itu turut hadir Komisioner KPU, Doni Kardinal juga memberikan materi tentang tingkat kerawanan dalam perencanaan maupun saat pelaksanaan pemilu. Seperti dalam metode kampanye, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dilakukan di tempat-tempat yang dilarang, peserta pemilu melakukan black campaign, money politic, politisasi sara, menghina individu atau kelompok dan menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap warga.

"Hal itu menjadi tugas kita bersama untuk dapat ikut serta dalam memantau proses pemilu yang dapat berjalan sesuai dengan aturan".