Lompat ke isi utama

Berita

Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) pada Pemilu tahun 2024 oleh Bawaslu Kota Pariaman

rakor

Pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2024 sekira pukul 09.45 WIB di Kantor Bawaslu Kota Pariaman telah berlangsung Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) pada Pemilu tahun 2024 oleh Bawaslu Kota Pariaman.

Kegiatan Rapat Koordinasi dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan, ST, dan dihadiri oleh Kapolres Pariaman diwakili Kabag Ops AKP Rachmat, Dandim 0308 Pariaman diwakili Dan Unit Intel Letda Inf. Syahrul, Kajari Pariaman diwakili 
Kakan Kesbangpol Kota Pariaman Ferry Ferdian Bagindo Putra, S.STP, Kordiv Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Kota Pariaman Ulil Amri, SHi, Sekretaris Bawaslu Kota Pariaman Yoga Tri Rizki, S.STP, Ps. Kanit I Sat Intelkam Aiptu Heriyanto dan Staf Bawaslu Kota Pariaman.

Adapun rangkaian kegiatan, sbb : 
1. Penyampaian Ketua Bawaslu Kota Pariaman 
- Adanya Pemilih ber KTP Bogor yang memilih di TPS 03 Desa Naras Hilir tanpa adanya Surat Pindah Memilih sehingga harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) sesuai aturan yang berlaku. 
- Sebagai langkah pencegahan awal PTPS pada 
- Mengantisipasi hal serupa terjadi untuk itu Bawaslu melakukan langkah - langkah pencegahan dengan membuat kegiatan Rapat Koordinasi karena Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) hanya boleh 1 ( satu ) kali dilaksanakan.

2. Penyampaian Ketua KPU Kota Pariaman
- Bahwasanya KPU Kota Pariaman telah mempersiapkan segala keperluan dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) 
- Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2024 pukul 07.00 WIB 
- Untuk Surat Suara Cadangan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden guna pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) telah tersedia di KPU telah dilaksanakan Pelipatan Suarat Suara dan Pengepakan Kota Suara. 
- DPT untuk TPS 03 Desa Naras Hilir berjumlah 242 Orang

3. Penyampaian Kabag Ops Polres Pariaman 
- Polres Pariaman siap mendukung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) 
- Untuk Personil Pengawalan Kotak Suara dan Pengamanan TPS telah disiapkan guna mensukseskan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) ini.

4. Penyampaian Danunit Intel Kodim 0308 Pariaman  
- Kodim 0308 Pariaman mendukung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) 
- Pastikan kembali kebutuhan logistik yang dibutuhkan agar tidak terjadi permasalahan nantinya.

5. Penyampaian Kakan Kesbangpol Kota Pariaman 
- Agar Ketua KPU Kota Pariaman juga menyurati Instansi terkait lainnya dalam hal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) 
-  Rencananya Pemko Pariaman akan dilaksanakan Monitoring Bersama Unsur Forkopimda dalam Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) di TPS 03 Desa Naras Hilir

6. Penyampaian Kajari Pariaman 
- Pastikan kembali hak - hak masyarakat dalam menyampaikan hak pilihnya terpenuhi
- Kejaksanaan Negeri Pariaman akan melakukan monitoring langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ).

7. Penyampaian Kordiv Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Kota Pariaman 
- Agar KPU juga menyampaikan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) kepada masing - masing Tim Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden
- Agar KPU beserta Jajarannya mempersiapkan secara maksimal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) guna mengantisipasi terjadinya masalah baru dikemudian hari. 

JA - Humas Bawaslu Kota Pariaman