Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Pariaman ikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024

Bawaslu Kota Pariaman ikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024

Pariaman - Bawaslu Kota Pariaman mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 dalam Rangka Pengamanan Pemilihan umum 2024 di wilayah hukum Polres Pariaman yang diadakan di Kantor Polres Pariaman, Senin 09/10/23.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0308, KPU, Bawaslu, Kesbangpol, yang ada di wilayah Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman serta Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman.

Rapat ini bertujuan untuk mendapatkan masukan-masukan dari setiap stake holder terkait dengan potensi kerawanan yang mungkin terjadi pada setiap tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Riswan selaku Ketua Bawaslu Kota Pariaman memaparkan "beberapa potensi kerawanan yang mungkin terjadi pada Pemilu tahun 2024 diantara nya yaitu terkait dengan pemilih yang berada di perbatasan Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman yang berpotensi menggunakan hak suaranya dikedua wilayah tersebut karena kita masih melihat dari sistem sidalih yang ada pada KPU, orang yang sudah pindah dan masuk ke dalam kategori DPTb masih terdata pada DPT di tempat asalnya. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus".

"Potensi selanjutnya yaitu terkait dengan tahapan kampanye. pada tahun 2019, pelaksanaaan kampanye dimulai 3 hari setelah ditetapkannya peserta pemilu oleh KPU. Namun pada pemilu tahun 2024 ini, jadwal kampanye dilaksasnakan setelah 25 hari setelah ditetapkannya peserta tersebut. Tentu pada waktu yang panjang tersebut banyak para calon yang melakukan proses kampanye padahal belum masuknya jadwal kampanye", tambahnya.